Monday, September 13, 2010

The Camp


Hey.hey.hey.hey.hey…


Udah beberapa hari setelah kamp itu, masih kerasa suasananya. Empat hari tiga malam, orang amnesia juga susah lupanya. Dengan modal nekat, uang lima puluh ribu hasil nabung dua minggu dan seratus ribu boleh nyolong dari dompet orang tua, gue daftar ke KKSJ alias Kamp Kepemimpinan Siswa Jakarta.

Bible Camp? Ih, sori, gue bukan orang yang terlalu fanatik sama agama sendiri. Itu kata temen gue pas gue ajak ikut kamp ini. Ya gue juga kalo kamp itu retreat biasa mah gue juga ga bakal ikut. Tapi ini kamp kepemimpinan loh teman-teman! Selama empat hari tiga malam, para pengurus atau calon pengurus rohkris bakal dibina dalam mengurus rohkris secara baik dan benar. Dan biasanya, dalam retreat tuh yang dipulihkan secara pribadi lepas pribadi. Maksudnya, dalam retreat, misalnya gue dipulihkan dan disadarkan, konsepnya tuh gue harus berusaha untuk mengubah hidup gue sendiri. Tapi, di kamp ini, semua yang ikut harus mengubah hidupnya sendiri dan rohkris di sekolahnya.

Kamp-nya dari tanggal 2-5 September. Gue engga bakal ceritain gimana dari hari ke hari karena selain gue engga bawa kamera – pasti kalian gak bakal percaya karena tak ada bukti foto – There are too much memories that I must retell to you. Dari pada kalian bosen juga baca blog gue. Pengalaman gue di kamp itu mungkin bakal gue jadiin bahan cerita komik.

See! There is a pathetic boy.
What I got?
  • Teman-teman – untuk yang Kristen pastinya – kita harus rajin saat teduh setiap hari. Kapan? Terserah kalian, silahkan kalau mau sebelum tidur atau sesudah tidur. Yang pasti gue belom pernah denger ada yang saat teduh siang-siang.
  • Tidak punya renungan? Kalian bisa dapat renungan dari internet. Kalian takut sesat? Oke, silahkan kunjungin Web ini http://warungsatekamu.org Itu bukan web catering atau food delivery ya teman... itu singkatan dari "Warung Saat Teduh Kaula Muda". Tersedia dalam beberapa versi bahasa. Di situ kita bisa dapet renungan harian, nge-blog atau bercerita dan bikin komik berasaskan firman Tuhan. Gue pengen aktif di sana.
  • Buku Acara merangkap makalah dan panduan memimpin rohkris serta manajemen rohkris. Setelah kamp ini gue jadi ngerti banget kekurangan dan kelebihan rohkris gue sendiri. Abis liburan lebaran ini, pengurus rohkris harus gue kumpulin dan gue ajarin apa aja yang gue dapet dari kamp ini.
  • Gelang berwarna merah cinderamata dari kamp yang berarti gue diutus untuk menjadikan rohkris lebih baik.
  • Kenalan baru, di sana terkumpul 135 siswa dari berbagai sekolah. Ada yang dari Pontianak dan Lampung juga. Dan yang paling mencengangkan, ada yang tinggal di komplek rumah gue juga.
  • List pembicara dan traktat ajaran yang benar dan sesat.
  • Tiket KKR Siswa (Special Invitation) dengan desain tiket nonton twenty-one. Gue harus dateng!!
  • Semangat Baru.
What I lost?
  • Karena ikut kamp ini, gue ga ikut wawancara band "FBG". And the worst, engga ada anak blitz yang dateng padahal band-nya udah dateng.
  • Gue bolos satu kali lagi marguru/ belajar sidi.
  • Gue engga ikut pelajaran hari kamis.
  • Dosa, gue kehilangan dosa-dosa gue. Karena dosa gue telah ditebus.
  • Direction, beberapa minggu yang lalu gue menjadikan kamp ini sebagai tujuan utama gue. Setelah kamp ini selesai, udah libur. Gue ga tau mau ngapain.
  • Untuk pertama kalinya, engga ada barang gue yang tertinggal selama kamp (senangnya). 
Sering kali saat retreat kita suka ngeluh, "Gila! Ga sesuai nih biaya sama tempatnya!". Dan di kamp ini gue juga berkali-kali ter-wah ria karena pelayanannya gak seimbang. Tempat dan acaranya terlalu mahal dibanding dengan biayanya yang cuma seratus lima puluh ribu, walaupun sebelum ikut kamp ini gue udah tau para panitianya memotong biaya buat siswa supaya engga jadi beban.
"KKSJ 2010!!!
Kami Siap Membangun, Rohkris-ku Bagi Visi-Mu!" :K

No comments: